Terdampak COVID-19, Festival Drama Pendek SLTA 2020 Pindah ke Media Digital

Jakarta – Festival Drama Pendek SLTA (FDPS) 2020 yang digagas oleh Kelompok Pojok menjadi salah satu kegiatan teater yang terdampak oleh merebaknya virus COVID-19. Festival drama pendek yang direncanakan untuk digelar pada bulan April 2020 ini terpaksa dibatalkan, meskipun telah ada beberapa kelompok teater yang sudah dipastikan ikut.

Terdampak COVID-19, Festival Drama Pendek SLTA 2020 Pindah ke Media Digital
Kelompok Pojok Gagas Festival Drama Pendek SLTA (foto: Portal Teater)

Pembatalan FDPS 2020 ini merupakan akibat dari adanya imbauan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari pemerintah. Kendati demikian, Kelompok Pojok tetap berniat untuk kembali menggagas FDPS. Festival yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya ini akan tetap dilangsungkan pada tanggal 16-23 Agustus 2020 mendatang.

Alihwahana Sistem

Menanggapi situasi pandemi yang sedang terjadi di Indonesia, FDPS 2020 ini tidak akan disajikan dalam ruang pertunjukan panggung fisik seperti sebelumnya, tetapi justru akan menggunakan media digital dalam format teater online.

Terdampak COVID-19, Festival Drama Pendek SLTA 2020 Pindah ke Media Digital
Tamimi Rutjita, Pimpinan Produksi Festival Drama Pendek SLTA 2020 (foto: Kelompok Pojok)

Tamimi Rutjita selaku pimpinan produksi FDPS 2020 menyampaikan sebuah pernyataan tertulis pada Selasa (2/6) yang menyebutkan bahwa FDPS kali ini pada dasarnya tidak mengubah model dan sistem pertunjukan. FDPS kali ini hanya memindahkan model pertunjukan fisik ke pertunjukan digital dengan sistem yang masih sama dengan pertunjukan fisik di atas panggung.

Nantinya juga akan ada jadwal pementasan, dan jadwal pementasan ini akan diumumkan kepada penonton sebelum menonton. Setiap pementasan juga hanya bisa ditonton sebanyak satu kali.

Pertunjukan teater yang dilakukan oleh para peserta ini juga tidak bersifat live-streaming, melainkan hanya berupa pemutaran video teater dengan format mp4 sesuai waktu tampil masing-masing kelompok teater. Video ini akan diunggah oleh panitia ke website kelompokpojok.org dan baru bisa ditonton sesuai dengan waktu tampil yang sudah diundi bersama sebelumnya.

Durasi dari pertunjukan teater ini sendiri adalah sekitar 45 menit. Akan ada dua pertunjukan dari dua kelompok teater berbeda yang ditayangkan dalam satu hari.

Apabila FDPS 2020 ini berhasil dilaksanakan dengan sistem tersebut, maka festival ini bisa disebut sebagai salah satu festival teater online pertama di Indonesia.

Asah Kreativitas Lewat Kebebasan Ruang Pentas

Ada satu hal yang menarik dari FDPS kali ini. Panitia penyelenggara membebaskan kepada para peserta untuk memilih sendiri latar maupun ruang pertunjukan. Dalam festival kali ini, peserta diperbolehkan untuk menampilkan pertunjukan dalam ruang tertutup, ruang terbuka, ruang publik, dan lain sebagainya.

Terdampak COVID-19, Festival Drama Pendek SLTA 2020 Pindah ke Media Digital
Pentas teater Kelompok Pojok dalam Festival Teater Jakarta 2019 (foto: Gigih Ibnur/DKJ)

Kelompok Pojok selaku penyelenggara berpendapat bahwa penampilan teater atau drama memang tidak lagi terbatas pada panggung teater. Mereka juga tidak memberikan standarisasi apapun mengenai bentuk pertunjukan masing-masing peserta.

Meskipun begitu, panitia tetap menerapkan beberapa regulasi yang harus diikuti oleh peserta. Yang pertama, regulasi cut to cut di mana pementasan harus tetap berjalan dan mengalir seperti ketika bermain di panggung fisik, tidak boleh ada pemotongan adegan. Yang kedua, peserta tidak diperbolehkan untuk memberikan editing yang berpengaruh besar terhadap tubuh pertunjukan itu sendiri, karena juri tidak akan menilai pertunjukan dari kualitas kamera yang dipakai.

Tentang Pendaftaran FDPS

Pendaftaran FDPS 2020 yang dilakukan secara online ini telah dibuka sejak awal bulan Juni dan akan ditutup pada tanggal 23 Juni mendatang. Untuk pengumpulan videonya, peserta diharuskan untuk mengirimkan dokumen rekaman pertunjukan kepada panitia paling lambat tujuh hari sebelum dimulainya FDPS 2020.

Sementara itu, untuk teknis penontonnya, panitia akan memberikan sebuah tautan untuk menonton video yang nantinya akan diatur oleh admin.

Sumber berita : https://portalteater.com/buntut-corona-fdps-2020-disajikan-dalam-format-digital/?amp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *